Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian SNMPTN, Tahapan Pendaftaran SNMPTN, Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022

Tahapan SNMPTN
Sumber portal.ltmpt.ac.id


Penegrtian SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur bagi para siswa kelas 3 SLTA sederajat untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia, selain jalur Ujian Mandiri serta SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 


Jadwal SNMPTN

Nama
Pembuatan Akun LTMPT04 Januari - 15 Februari 2022
Sosialisasi PDSS01 Desember 2021 - 08 Februari 2022
Sosialisasi SNMPTN01 Desember 2021 - 28 Februari 2022
Launching Kegiatan PMB04 Januari 2022
Penetapan Siswa Eligible04 Januari - 08 Februari 2022
Pengisian PDSS08 Januari - 08 Februari 2022
Pendaftaran SNMPTN14 - 28 Februari 2022
Pengumuman Hasil SNMPTN29 Maret 2022

Tahapan SNMPTN

  1. Pengumuman Kuota
    Pengumuman jumlah kuota peserta SNMPTN untuk setiap sekolah, bagi sekolah sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa. Dimana ketentuan nya adalah Bagi SLTA sederajat yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Nantinya sekolah dengan Akreditasi A bisa mendaftarkan 40% siswa terbaiknya, Akreditasi B 25% siswa terbaiknya, sedangkan untuk sekolah dengan akreditasi C atau sekolah yang belum memilili akreditasi hanya bisa mendaftarkan 5% siswa terbaik mereka.
    Pengumuman kuota ini nantinya akan diinfokan pada 28 Desember 2021. Dan jika pihak sekolah kurang puas dengan pengumuman kuota dari pihak lembaga LTMPT dapat melakukan sanggah sampai 17 Januari 2022.

  2. Registrasi Akun LMPT untuk Sekolah dan Siswa
    Bagi sekolah yang ingin siswanya mendaftar perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN wajib memiliki akun LTMPT jika belum memiliki maka sekolah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah sekolah memiliki Akun LTMPT seluruh siswa kelas 12 juga harus melakukan registrasi akun LTMPT.
    Registrasi akun LTMPT bisa dilakukan mulai tanggal 4 Januari dan Terakhir pada 15 Februari 2022 pada Portal registrasi LTMPT

  3. Informasi Jumlah siswa Eligible
    Setelah sekolah dan siswa memiliki akun LTMPT, nantinya pihak LTMPT akan menginformasikan jumlah siswa yang Eligible berdasarkan Akreditasi Sekolah.
    Siswa Elligible adalah siswa yang behak mengikuti SNMPTN dinilai dari telah memenuhi semua syarat administrasi yaitu telah memiliki NISN dan terdaftar di PDSS SNMPTN serta termasuk siswa terbaik disekolahnya berdasarkan nilai raport dan dari segi prestasi lainnya.

  4. Sekolah Menentukan Calon Peserta
    Sekolah menentukan Siswanya yang akan mengikuti SNMPTN berdasarkan pemeringkatan. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan harus sesuai dengan ketentuan kuota peserta SNMPTN berdasarkan Akreditasi sekolah tersebut.
    Pemeringkatan siswa yang dilakukan oleh sekolah harus memperhatikan beberapa nilai mata pelajaran sesuai jurusan.
    Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
    Jika ada siswa yang memiliki nilai mata pelajaran sesuai yang dijabarkan diatas itu sama, maka sekolah bisa menambahkan kriteria lain, yaitu prestasi akademik. Proses penetapan ini dapat dilakukan pada 4 Januari sampai dengan 8 Februari.

  5. Pengisian PDSS
    Pengisian PDSS dilakukan pada tanggal 8 Januari Sampai 8 Februari 2022. Pada saat pengisian PDSS ini sekolah harus melakukan pengecekan dan memastikan bahwa NPSN(Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan data tentang sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSSK Kemendikbud. Pihak sekolah yang dalam hal ini Kepala Sekolah atau orang yang ditugaskan oleh kepala sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas 12 melalui website Portal LTMPT

  6. Pendaftaran SNMPTN dan Pemilihan PTN serta Program Studi
    Setelah pihak sekolah melakukan pemeringkatan melalui LTMPT, masing-masih siswa yang telah dipilih melakukan pendaftaran SNMPTN dengan login pada laman Portal LTMPT menggunakan email dan password yang dimiliki oleh pihak sekolah.
    Pada saat pendaftaran siswa diminta mengisi biodata secara lengkap, mengunggah pasfoto serta melampirkan sertifikat prestasi jika ada.
    Selain mengisi biodata, disni juga siswa memilih ptn serta program studi. Setiap siswa bisa memilih 2 program studi dari 2 PTN yang berbeda dengan catatan salah satu PTN berasal dari provinsi yang sama dengan SLTA asal atau hanya dari 1 PTN yang berada dari provinsi manapun.
    Selain itu, jika siswa memilih Program Studi Seni dan Olahraga, wajib melampirkan portofolio.


  7. Seleksi Jalur SNMPTN
    Untuk proses seleksi setiap Perguruan Tinggi Negeri memiliki kriteria yang berbeda-beda satu sama lain.

  8. Pengumuman dan Daftar Ulang
    Hasil SNMPTN akan diumumkan pada 29 Maret 2022, pada laman SNMPTN. Untuk siswa yang telah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN wajib melakukan daftar ulang di PTN yang menerima siswa tersebut.


Berikut artikel dari BelajarBareng.net mengenai Pengertian SNMPTN, Jadwal SNMPTN serta Tahapan SNMPTN. Jika teman-teman memiliki pertanyaan mengenai Pengertian SNMPTN, Jadwal SNMPTN serta Tahapan SNMPTN silahkan tulis di kolom komentar, dan bagi teman-teman yang mengetahui jawaban dari pertanyaan teman-teman yang lain bisa membantu memberikan jawaban.

"Saya doakan semoga semua teman-teman lulus dalam PTN yang diinginkan oleh teman-teman."

Dan untuk teman-teman yang ingin memberikan donasi untuk mensuport kepada BelajarBareng.net agar admin dari BelajarBareng.net semakin semangat dalam memberikan informasi-informasi mengenai Pendaftaran PPPK, DIKDIN, SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, CPNS, serta Pendaftaran Polisi dan TNI bisa mengklik tombol dibawah.

DONASI

Posting Komentar untuk "Pengertian SNMPTN, Tahapan Pendaftaran SNMPTN, Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022"