Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Faktor-Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN 2022

Vector by Pikisuperstar


Apakabar teman-teman semua? Pada kesempatan kali ini BelajarBareng.net akan membagikan informasi mengenai Faktor-Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN.

SNMPTN merupakan salah satu jalur yang paling banyak peminatnya untuk masuk ke PTN yang diimpikan di karenakan SNMPTN ini dibuka terlebih dahulu di bandingkan jalur lain seperti SBMPTN dan jalur Mandiri, selain alasan itu SNMPTN tidak perlu mengeluarkan biaya lain halnya dengan SBMPTN yang ada biaya pendaftara sebesar Rp.200.000,- untuk Saintek dan Soshum serta Rp.300.000,- untuk ujian campuran. Karna hal ini peluang untuk masuk PTN semakin berat dikarenakan banyaknya pesaing. Jadi untuk teman-teman yang ingin mengikuti SNMPTN harus memperhitumgkan beberapa faktor-faktor kelulusan dibawah ini.

Faktor-faktor kelulusan ini tidak hanya dilihat dari nilai rapot, melainkan dari akreditasi sekolah, sertifikat bahkan dilihat dari alumni sekolah teman-teman.

Berikut ini faktor-faktor kelulusan SNMPTN menurut BelajarBareng.net.


1. Nilai rapor

Faktor kelulusan yang pertama itu adalah nilai rapor dari kelas 1 semester 1 sampai dengan kelas 3 semester 1 alias 5 semester. Tapi nanti teman-teman tidak diminta semua mata pelajaran melainkan hanya beberapa nilai berdasarkan jurusan sekolah teman-teman.

Untuk teman-teman yg sekolah di Jurusan Ipa nilai mata pelajaran yang akan diminta adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, serta Biologi.

Untuk teman-teman yg sekolah di Jurusan Ips nilai mata pelajaran yang akan diminta adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Untuk teman-teman yg bersekolah di SMK nilai mata pelajaran yang akan diminta adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian sesuai kejuruan.

Jadi untuk teman-teman yang ingin mendaftar SNMPTN perlu mempertimbangkan nilai-nilai rapor mata pelajaran tersebut. Nanti dari nilai mata pelajaran tersebut teman-teman hitung nilai rata-ratanya dari kelas 1 semester 1 sampai kelas 3 semester 1 atau 5 semester. 


2. Kestabilan nilai

Selain dari nilai rata-rata rapor yang akan menjadi pertimbangan juga kestabilan nilai rapor. Jangan sampai ada nilai yang turunnya terlalu jauh.


3. Peringkat paralel

Sebelum pendaftaran SNMPTN biasanya sekolah akan mengumumkan peringkat untuk setiap jurusan berdasarkan nilai mata pelajaran yang sudah disebutkan dalam poin 1. Peringkat ini juga akan mempengaruhi kelulusan SNMPTN, teman-teman lihat berada dalam peringkat berapa


4. Sertifikat/piagam

Meskipun bukan suatu keharusan, tetapi sertifikat atau piagam bisa membantu menambah nilai dalam SNMPTN oleh sebab itu untuk teman-teman yang aktif dalam kegiatan, organisasi atau lomba-lomba bisa banget melampirkan sertifikat yang teman-teman miliki.

Untuk sertifikat dalam SNMPTN teman-teman hanya dibatasi melampirkan 3 sertifikat saja. Jadi teman-teman harus memperhatikan sertifikat yang teman-teman miliki, karna dalam SNMPTN ada beberapa kriteria untuk sertifikat tersebut bisa digunakan untuk membantu SNMPTN

a. Sertifikat OSN(Olimpiade Sains Nasional)
b. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)
c. Sertifikat Lomba Kompetisi Olimpiade, Debat, Cerdas Cermat, Baris Berbaris, dan lainnya.
d. Sertifikat Keahlian Khusus bagi siswa SMK
e. Sertifikat Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)
f. Sertifikat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
g. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstra Kulikuler


5. Akreditasi sekolah

Akreditasi dimana teman-teman bersekolah sangat mempengaruhi kemungkinan teman-teman untuk lolos SNMPTN. Semakin baik akreditasi sekolah teman-teman semakin besar pula pengaruhnya akan kelulusan teman-teman.


6. KKM Sekolah

KKM pada sekolah teman-teman juga mempengaruhi kelolosan teman-teman pada saat SNMPTN. KKM sekolah adalah Kriteria ketuntasan minimal atau Kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan . 


7. Lintas jurusan

Lintas jurusan adalah dimana ketika teman-teman bersekolah pada jurusan IPA saat SMA tetapi teman-teman memilih jurusan IPS pada saat kuliah. Lintas jurusan ini sebenarnya tidak dilarang tetapi sangat tidak dianjurkan juga, ada baiknya teman-teman memilih prodi atau jurusan yang masih satu jurusan dengan jurusan teman-teman saat SMA.


8. Lokasi PTN

Untuk teman-teman yang ingin mengikuti jalur SNMPTN ada baiknya mencari PTN yang masih satu provinsi dengan sekolah teman-teman.


9. Alumni

Dalam penerimaan SNMPTN Alumni sangat berpengaruh juga. Jumlah alumni sekolah 1 tingkat diatas teman-teman yang lulus di satu PTN melalui dapat membantu teman-teman dalam pendaftaran SNMPTN. Semakin banyak alumni dari sekolah teman-teman pada suatu PTN maka semakin besar juga kemungkinan teman-teman akan lolos SNMPTN pada PTN tersebut

Jadi buat teman-teman yang ingin mengikuti SNMPTN ada baiknya teman-teman mencari informasi Mengenai Akumni sekolah teman-teman


Itu dia Faktor-faktor yang menjadi penentu kelulusan SNMPTN. Jadi ada baiknya teman-teman mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan faktor penetu kelulusan SNMPTN, mulai dari memperbaiki nilai sampai mencari tahu data alumni dari sekolah teman-teman.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan mengenai Faktor-faktor yang menjadi penentu kelulusan SNMPTN silahkan tulis di kolom komentar, dan bagi teman-teman yang mengetahui jawaban dari pertanyaan teman-teman yang lain bisa membantu memberikan jawaban.

"Saya doakan semoga semua teman-teman lulus dalam PTN yang diinginkan oleh teman-teman."

Dan untuk teman-teman yang ingin memberikan donasi untuk mensuport kepada BelajarBareng.net agar admin dari BelajarBareng.net semakin semangat dalam memberikan informasi-informasi mengenai Pendaftaran PPPK, DIKDIN, SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, CPNS, serta Pendaftaran Polisi dan TNI bisa mengklik tombol dibawah.

DONASI

Posting Komentar untuk "9 Faktor-Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN 2022"